Kelompok 5 Softskill
Kelas 4IA06
Anggota :
1. Firlian Ugroseno
2. Maulana Zainudin
3. Robby Zidniy Ilman, gans :")
Regulasi dan Prosedur
Pengadaan Barang dan Jasa
Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK) telah berkembangan sangat jauh saat ini baik
terhadap cara berkomunikasi, cara belajar, cara bekerja, cara bisnis, dan lain
sebagainya. Dimana pada era informasi saat ini memberikan ruang lingkup yang
sangat besar untuk mengorganisasikan segala kegiatan melalui cara baru,
inovatif, instan, transparan, akurat, tepat waktu, lebih baik
Begitu
pula bisnis di bidang TIK merupakan bisni yang sedang berkembang. karena banyak
manfaat dalam pengembangan dibidang TIK ini, salah satu manfaatnya yaitu dapat
memperkenalkan suatu usaha yang dijalankan kepada masyarakat umum. maka dari
itu saya ingin membuat suatu usaha pengadaan jasa pembuatan desain grafis.
Usaha
yang saya buat ini lebih memberatkan dalam pembuatan logo, baik logo perusahaan
ataupun instansi lain, tapi saya juga bisa menerima dalam pengeditan photo.
Banyak pengusaha baru yang membutuhkan logo untuk perusahaan yang baru
dibuatnya, atau perusahaan yang sudah ada ingin mengganti logo perusahaannya
agar terlihat lebih fresh.
Saya
hanya akan menjalankan dengan beberapa teman saya yang juga ahli dibidang
desain grafis. Hanya modal laptop dan beberapa aplikasi yang mendukung seperti
photoshop dan coreldraw.
Dalam
penyebaran informasi usaha ini saya mengandalkan media online dan cetak. Media
online yang saya gunakan yaitu sosial media yang sudah banyak digunakan oleh
masyarakat seperti facebook, twitter, instagram, dan path. Selain sosial media
saya juga akan menyebarkan melalui e-commerce termasuk forum kaskus. Untuk
media cetak saya hanya membuat brosur untuk disebarkan. Dan kepercayaan yang
sangat saya pegang, karena kepercayaan adalah kunci kesuksesan dalam usaha.
Prinsip
Dasar Pengadaan
Dalam
proses pengadaan barang atau jasa, bisnis kami menggunakan beberapa prinsip
untuk dapat bertahan dan berkembang dalam pengadaan barang / jasa. Berikut
prinsip dasar yang kami laksanakan:
1. Transparan
Semua
ketentuan dan informasi, baik teknis maupun administratif termasuk tata cara
peninjauan, hasil peninjauan, dan
penetapan penyedia barang/jasa harus bersifat terbuka bagi penyedia barang/jasa
yang berminat dan mampu tanpa diskriminasi.
2. Adil
Memberikan
perlakuan bagi semua calon penyedia
barang/jasa dan tidak mengarah untuk memberikan keuntungan kepada pihak tertentu, dengan cara atau
alasan apa pun.
3. Bertanggung jawab
Mencapai
sasaran baik fisik, kualitas, kegunaan,
maupun manfaat bagi kelancaran pelaksanaan usaha sesuai dengan prinsip-prinsip dan kebijakan serta ketentuan yang berlaku dalam
pengadaan barang/jasa.
4. Efektif
Sesuai
dengan kebutuhan yang telah ditetapkan
dan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi para pihak
terkait.
5. Efisien
Menggunakan
dana, daya, dan fasilitas secara optimum
untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan dengan biaya yang wajar dan tepat
pada waktunya.
6. Kehati-hatian
Berarti
senantiasa memperhatikan atau patut menduga terhadap informasi, tindakan, atau
bentuk apapun sebagai langkah antisipasi untuk menghindari kerugian
material dan imaterial selama
proses pengadaan, proses pelaksanaan pekerjaan, dan paska pelaksanaan pekerjaan.
7. Kemandirian
Berarti suatu keadaan dimana pengadaan barang/jasa
dikelola secara profesional tanpa
benturan kepentingan dan
pengaruh/tekanan dari pihak manapun.
8. Integritas
Berarti
pelaksana pengadaan barang/jasa harus berkomitmen penuh untuk memenuhi etika
pengadaan.
9. Good
Corporate Governance
Memenuhi
prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik. Sumber
Informasi Tentang Penawaran atau Peluang TIK Zaman globalisasi dewasa ini
menjadi semaki maju, salah satunya semakin tinggi kebutuhan masyarakat terhadap
pelayanan yang berhubungan dengan fashion, maka kami mempunyai inisiatif untuk
membuka usaha penjualan fashion secara online dengan membuat brand sendiri.
Penggunaan internet yang semakin diminati dan semakin meningkat setiap tahunnya
menjadi acuan untuk kami membuat usaha penjualan secara online. Tujuannya
adalah menyediakan dan mempermudah semua kalangan yang menyukai produk-produk
lokal untuk mendesain busana fashion sesuai keinginan atau biasa disebut
custom. Usaha fashion yang kami kembangkan dalam penjualan adalah bersifat
limited dan akan diberi nama "5dm Store".
Harga
yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan terjangkau oleh masyarakat.
Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan sebagai
harga awal, berikut adalah tabel jasa produk yang ditawarkan;
Jenis
Produk
Harga
1.
Kaos ≥
Rp. 80.000
2.
Kemeja ≥
Rp. 90.000
3.
Celana ≥
Rp. 125.000
4.
Rok ≥
Rp. 100.000
5.
Jaket ≥
Rp. 250.000
6.
Tas ≥
Rp. 200.000
7.
Sepatu ≥
Rp. 350.000
Sebagai
sumber awal mula pendirian 5dm Store dari dana pribadi dan meminjam dari pihak
lain. Nantinya akan diinvestasikan untuk membuat sebuah perusahaan dalam bidang
perdagangan dalam negeri maupun luar negeri. Adapun rincian biaya yang
dibutuhkan dan keuntungan yang diraih sebagai berikut;
Rencana
Anggaran Biaya
Jenis
Anggaran
1. Modal
Investasi
A. Sarana prasarana
1.
|
Laptop Rp.
4.000.000
|
2.
|
Modem
Rp. 350.000
|
2. Modal
Kerja
A. Operasional
1.
|
Hosting per
bulan Rp. 150.000
|
2.
|
Biaya internet Rp. 500.000
|
3.
|
Promosi online Rp. 500.000
|
TOTAL = Rp. 5.500.000
Perkiraan
Keuntungan
Perkiraan
penjualan
Bulan
pertama setelah promosi
1
|
10
pcs/minggu, keuntungan per pcs 20%
|
2
|
Total
1 bulan 40 pcs x 20%
|
3
|
Rata-rata
harga 1 pcs harga > Rp. 100.000
|
4
|
40
pcs x 20% x Rp. 100.000
|
5
|
Rp.
4.000.000 x 20%
|
Total = Rp. 800.000
|
|
Cicilan
utang : Rp. 5.500.000/24 bulan = Rp. 229.166
|
|
Profit
bersih Rp. 570.834
|
Strategi
promosi yang dilakukan Memasang
iklan dan promosi di sosial media online. Memberikan
voucher dan diskon promo untuk calon customer dan bahkan reseller, sehingga
menarik masyarakat untuk berkunjung dan membeli produk dari 5dm store. Membuat
katalog fashion mengenai fashion-fashion terbaru lokal dan mancanegara.
0 comments:
Post a Comment